Skip to main content

Networking / Jaringan


baik selamat datang kembali di blog saya, kali ini saya akan membahas tentang jaringan atau yang lebih di kenal dengan networking , lalu seberapa penting jaringan bagi semua orang ? pada bagian ini kita akan membahas beberapa hal mendasar yang tampak sederhana namun cukup penting untuk pembahasan kita selanjutnya.lalu,

Apa itu network ?
Tentu saja sebelum lebih dalam kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari jaringan atau network. secara umum, jaringan adalah koneksi dimana dua atau lebih peralatan bisa saling berkomunikasi dan bisa saling membagikan sumber daya-nya. masih belum paham ? perhatikan saja handphone yang kita gunakan saat ini. apakah menggunakan Android ? IOS ? windows phone ? semua sistem operasi saat ini digunakan oleh smartphone yang juga bisa dikategorikan sebagai komputer atau peralatan pintar yang bisa membutuhkan jaringan untuk berbagi sumber daya.sumber daya yang di maksud di sini tidak selalu berupa sesuatu yang fisik, namun dapat berupa sesuatu yang tidak nyata seperti file yang ada didalam harddisk atau komputer kita. 

A. Model jaringan 
saat menghubungkan peralatan atau komputer dan membentuk sebuah jaringan, terdapat model atau cara pembagian resource yang mungkin terjadi. model ini menentukan bagaimana pengaturan hak dan siapa yang melakukan pengaturan.
1. Client Server
model pertama adalah model yang di kenal dengan Client Server. pada model ini, terdapat komputer yang berfungsi sebagai server dan juga terdapat komputer yang berfungsi sebagai client maka tidak heran namanya client server. model jaringan Client server adlah model yang paling banyak digunakan karena menawarkan pengontrolan dari tempat terpusat, mirip dengan sistem pemerintahan dalam suatu negara. terdapat presiden dan menteri yang menentukan kebijakan yang harus di jalankan oleh seluruh rakyatnya. dengan model sentralisasi ini, banyak hal menjadi mudah karena kita bisa mengontrol siapa saja yang boleh login, pembatasan penggunaan resource dan lain sebagainya.

2. Peer to Peer
berbeda dengan jaringaan Client Server, pada model jaringan Peer to Peer, semua komputer memiliki kedudukan yang sama, komputer-komputer saling terhubung dan masing-masing memiliki hak untuk menentukan kebijakan untuk komputernya masing-masing. setiap komputer menentukan kebijakan yang akan diterapkan pada komputernya dan tidak bisa diintervensi oleh tetangga. Peer to Peer memang hanya cocok untuk jaringan kecil karena cara kerjanya yang banyak menghabiskan bandwidth jaringan lokal namun di dalam jaringan global seperti internet, cara kerja peer to peer sangatlah populer.


B. Kategori jaringan
berdasarkan jangkauannya, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis, dari yang biasa kalian dengar sampai yang mungkin belum pernah kalian dengar sama sekali seperti CAM dan MAN. 


1. LAN
LAN yang merupakan singkatan dari Local Area Network adalah jaringan yang paling banyak umum digunakan. sesuai dengan definisinya, LAN menunjukan jaringan "lokal". namun definisi LAN memang tidak menyebutkan sampai detil dan jelas mengenai batasan yang ada namun, kalian bisa menggunakan istilah ini  untuk jaringan yang berada pada tempat atau lokasi gedung yang sama yang bisa dijangkau dengan kabel UTP.
2. CAM 
CAM yang merupakan singkatan dari Campus Area Network memang agak jarang kita dengar dan jarang pula digunakan namun istilah ini sudah ada sejak lama. sesuai namanya, jaringan ini digunakan untuk menunjukkan jaringan yang terbentuk yang biasanya bisa kita temui pada area kampus namun bukan hanya batasan kampus.
3. MAN 
untuk jaringan dengan cakupan yang lebih luas lagi,  ada kategori MAN yang merupakan singkatan daro Metropolitan Area Network. in adalah bentuk jaringan yang mirip dengan CAM namun jaringan yang terbentuk lebih luas lagi, meliputi area-area dalam satu kota. istilah MAN sama seperti CAM, juga jarang digunakan dalam kehidupan sehari hari.
4. WAN
jaringan dengan cakupan paling luas dikenal dengan WAN atau Wide Area Network. ini adalah jaringan yang menghubungkan berbagai area di muka bumi ini sehingga semuanya bisa saling berkomunikasi. bentuk jarigan ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional  atau internasional yang memiliki cabang di berbagai belahan muka bumi ini.

Comments

Post a Comment

Popular Posts

Routing OSPF 2 Mikrotik

Open Shortest Path First (OSPF)  adalah sebuah protokol routing otomatis ( Dynamic Routing ) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis. Pada OSPF dikenal sebuah istilah  Autonomus System  (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator. Dan memang kebanyakan fitur ini diguakan untuk management dalam skala jaringan yang sangat besar. Oleh karena itu untuk mempermudah penambahan informasi routing dan meminimalisir kesalahan distribusi informasi routing, maka OSPF bisa menjadi sebuah solusi. Alat dan bahan    1. 2 buah mikrotik beserta adaptor    2. 2 laptop/PC beserta aplikasi Winbox    3. 2 kabel UTP Straight dan 1 Kabel Utp Cross    4. Software WinBox Konfigurasi routing OSPF 2 router Terlebih dahulu kita susun router beserta komp

Install dan konfigurasi TrixBox sebagai voIP server

Terimakasih sebelumnya telah berkenan kerkunjung di Blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstall dan konfigurasi TRIXBOX sebagai server voIP. sebelum itu kita harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu Alat dan Bahan    1. Alat dan Bahan PC / Laptop Software VirtualBox ISO file TrixBox koneksi internet Aplikasi android GSwave  2 / lebih HandPhone sebagai client       software dan file iso bisa kalian download di halaman blog saya ! 2. Langkah Kerja            sebelum menginstall trixbox nya, terlebih dahulu kalian install software virtualbox kemudian buka virtualboxnya. langkah pertama adalah menginstall mesin virtual trixbox, New > type: linux > version : other linux sesuaikan memori sesuai kebutuhan disarankan tidak melebihi garis warna hijau pilih Create a virtual hard disk now VDI ( VirtualBox Disk Image) > Next Beri nama untuk mesin virtual kita ex : tri

Install dan konfigurasi DHCP server pada debian 8

Konfigurasi DHCP Server pada Debian 8 Jumpa lagi di Blog saya, pada blog sebelumya saya telah menjelaskan sedikit tentang apa itu DHCP server, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu bagaimana cara menginstall dan konfigurasi DHCP server pada OS linux dengan paket debian 8 pada mesin VirtualBox.langsung saja kita ke langkah-langkah konfigurasinya. Berikut merupakan langkah - langkah konfigurasi DHCP server pada debian 8  1. Login terlebih dahulu ke debian 8 sebagai superuser / root,      ex :      Login superuser :       ~s su       sandi : sugeng      Login root:       sugeng login: root       sandi : sugeng 2. Memberikan ip address untuk server,     konfigurasi file berikut, isikan ip address sesuai yang diinginkan      #nano /etc/network/interfaces     ex:      allow-hotplug eth0     iface eth0 inet static address 192.168.100.15 netmask 255.255.255.0 network 192.168.100.0 broadcast 192.168.100